investasi saham

Investasi Saham, Berikut Ini Tipe -Tipe Investor yang Wajib Diketahui

Bagi sebagian orang yang melakukan investasi saham pasti memiliki tujuan berbeda dan gaya berbeda pula saat melakukan investasi, bahkan beberapa gaya investasi menentukan apakah investasi itu akan berhasil dan sesuai dengan tujuan atau tidak.
Tipe dan gaya investasi para investor bisa dibilang unik dan bahkan takterkadang diluar nalar para pemain saham pada umumnya. Namun secara garis besar sendiri ada 3 tipe investor saham, berikut ini adalah ulasannya.
investasi saham
Sumber Gambar : prokal.co
– Pengikut (Followers)

Tipe investor yang pertama ini biasanya masuk dalam kategori pemain
saham pemula. Investor jenis ini sering melakukan kegiatan investasi saham ketika saham berada di level tinggi atau naik. Biasanya karena kurangnya instrument pengetahuan yang kurang memadai, tipe investor ini mungkin berakhir dengan kehilangan uang karena mereka tetap tidak mengerti sehubungan dengan faktor-faktor penentu apakah saham tersebut naik atau turun.
– Pasif  

Tipe investor yang kedua yaitu tipe pasif. Biasanya investor pasif akan sangat berhati-hati dalam melakukan kegiatan jual beli saham atau melakukan investasi saham. Beberapa instrument saham menjadi andalan dan acuan dalam menentukan saham mana yang akan dibeli atau dijual.

Investasi saham dan pasar saham

Investor saham tipe ini akan memikirkan lebih dari satu kali dimana investasi mereka akan ditempatkan. Untuk jangka waktu biasanya akan memilih waktu dengan jangka panjang karena lebih mengedepankan investasi aman namun dengan pengembalian keuntungan yang maksimal.
– Aktif  

Tipe investor yang ketiga atau terakhir yaitu aktif. Pelaku investasi saham jenis ini akan sangat mengedepankan keuntungan maksimal namundalam jangka waktu yang singkat. Secara fluktuatif pasar kondisi ini bisasangat beresiko, namun biasanya tipe aktif ini sudah mengetahui instrument pendukung yang benar-benar bisa diandalkan saat melakukan investasi saham.
Sedikit info, saham sendiri dibagi menjadi beberapa kategori dan diantaranya adalah :
  • kategori saham berdasarkan preferensinya
  • kategori saham berdasarkan kapitalisasi pasarnya
  • kategori saham berdasarkan sektornya

Yang perlu diperhatikan saat melakukan investasi saham yaitu terpenting adalah bagaimana informasi tentang saham akan dibeli, bagaimana kondisi pasar dan sentiment yang mampu mempengaruhi harga saham di pasar saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *